Sabtu, 26 Februari 2011

Perbedaan antara Web, Situs, URL dan Blog

Ini adalah perbedaan mendasar antara situs/website dengan blog :
Website atau situs mempunyai nama domain yang
berdiri sendiri contoh http://www.web.com sedangkan nama blog ikut/nebeng di dalam situs (bagi para webmaster/programmer web lebih dikenal dengan subdomain) sehingga anda dapat menjumpai url blog http://4pemula.blogspot.com, artinya blog 4pemula berada pada situs www.blogspot.com. Lalu bisakah url blog menyerupai url situs jawabannya adalah bisa yaitu dengan membuat situs kemudian me-redirect ke blog
Pembuatan situs lebih rumit dibandingkan blog. Dalam pembuatan situs kita harus membuat/mendaftarkan nama domain dan setting/mengelola database server baru bisa membuat tulisan, sedangkan untuk blog cuma bikin email dan daftar/sign up pada situs yang menyediakan fasilitas ngeblog.
Situs bisa merupakan induk dari blog sedangkan blog tidak pernah bisa menjadi induk dari situs karena blog merupakan program/aplikasi web yang ada di dalam situs. dengan kata lain situs sebagai penyedia aplikasi web blog sehingga orang-orang bisa
nge-blog(membuat/mempublish/posting tulisan).
Contoh :
Si Palui bertanya kepada Abunawas “kamu nge-blog
di mana ?
Abunawas menjawab “saya nge-blog di situs twitter.com, kalau kamu ngeblog di mana?”
Palui menjawab “saya ngeblog di situs blogger.com/situs blogspot.com”
(yang membuat anda dan saya bingung adalah “sejak kapan Palui berteman dengan Abunawas?”)
berikut definisi yang saya kutip dari wikipedia
Website
adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar. Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan. Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.
Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), dan bisa juga di setting sebaliknya. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

1 komentar:

  1. maaf mbak,,klo kita membuka sebuah halaman di internet.,sprti blog pribadi di blogspot..
    trus alamat websiteny sama alamat urlny kita lihat dimana ya...??? msih bingung neh...
    thank ya...:-)

    BalasHapus